ANALISIS PELANGGARAN MAKSIM SEBAGAI STRATEGI PENGUNGKAPAN HUMOR DALAM VIDEO HUMOR DI AKUN INSTAGRAM RIA YUNITA

Siti Hannah Sekarwati

Abstract


Topik makalah ini adalah pelanggaran maksim sebagai strategi pengungkapan humor dalam video humor di akun Instagram Ria Yunita (@riaricis1795). Ricis seringkali menyelipkan pesan-pesan moral saat mengunggah foto, video, dan meme itu melalui akunnya tersebut. Tindak tutur yang dianalisis oleh penulis berjumlah lima belas tuturan dari tiga video yang dipilih sebagai sampel. Dari kelima belas tindak tutur pada video-video tersebut ditemukan bahwa daya ilokusi yang paling sering muncul adalah daya ilokusi direktif dan deklaratif. Daya ilokusi direktif berupa pertanyaan dan deklaratif berupa jawaban dari pertanyaan. Penggunaan jenis daya ilokusi direktif dan deklaratif serta pelanggaran maksim yang ditemukan dalam data ini diasumsikan penulis sebagai strategi humor pada tindak tutur video di akun instagram Ria Ricis. Selanjutnya, pelanggaran maksim yang ditemukan dari kedua belas tuturan ini adalah pelanggaran maksim kualitas dan maksim relevansi.


Keywords


tindak tutur, daya ilokusi, pelanggaran maksim

Full Text:

PDF

References


Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Oxford University Press.

Kushartanti. 2005. “Pragmatik” dalam Kushartanti, Untung Yuwono, Multamia RMT Lauder (peny.). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Krisandhini, Pradhista. 2011. “Tindak Tutur Pujian Orangtua kepada Anak dalam Drama Seri ‘Abarenbo Mama’”. Skripsi. Depok: FIB Universitas Indonesia.

Levinson, Stephen C. 1983. Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Purnomo, Syamsu. 1998. “Dakwah Islam dalam Medium Televisi: Suatu Studi Komparatif antara Dakwah yang Disajikan di RCTI dengan di TPI”. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.

Rahayu, Ratih Winanti. 2013. “Analisis Pelanggaran Maksim sebagai Strategi Persuasi dalam Film Madagascar 3: Europe’s Most Wanted: Sebuah Analisis Pragmatik”. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Rustono. 1998. “Implikatur Percakapan sebagai Penunjang Pengungkapan Humor di dalam Wacana Humor Verbal Lisan Berbahasa Indonesia”. Disertasi. Depok: Universitas Indonesia.

Searle, J.R. 1979. Expression and Meaning. Cambridge: Cambridge University Press.

Semiawan, C.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Thomas, J. 1995. Meaning in Interaction: An Introduction to Pragmatics. United States of America: Longman Group Limited.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v4i2.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id