ANALISIS RANAH RASA DENGAN PENDEKATAN NATURAL SEMANTIC METALANGUAGE

Dwi Agus Erinita

Abstract


Pancaindra yang dimiliki manusia menghasilkan ranah tersendiri dalam mengungkapkan apa yang dilihat, dicium, didengar, diraba, dan dirasanya. Berkaitan dengan hal itu, makalah ini menganalisis salah satu ranah, yaitu ranah rasa yang dihasilkan oleh indra perasa. Pendekatan yang digunakan adalah natural semantic metalinguage (NSM) yang dikembangkan oleh Anna Wierzbicka. NSM menggunakan sudut pandang antropologi dengan menyatukan ancangan tipologi dalam kajian bahasa serta logika dalam kajian maknanya. Berdasarkan analisis, ranah rasa dalam bahasa Indonesia tidak hanya empat rasa pokok, yaitu manis, asam, asin, dan pahit, tetapi juga ada pedas, sepat, gurih, getir, hambar, dan tawar. Semua konsep rasa itu dapat dijelaskan melalui apa yang ada di alam dan kehidupan sehari-hari, seperti buah, bumbu, dan masakan.


Keywords


rasa; ranah; natural semantic metalinguage

Full Text:

PDF

References


Brown, Keith. 2006. Encyclopaedia of Language and Linguistic. Oxford: Elsevier.

Goddard, Cliff dan Anna Wierzbicka. 2007. “Semantics Primes and Cultural Scripts in Language Learning and Intercultural Communication,” dalam Applied Cultural Linguistics: Implications for Second Language Learning and Intercultural Communication. Amsterdam: John Benjamins.

Goddard, Cliff. 2007. “Semantics Molecules and Semantics Templates, New Development ini the NSM Approach to Lexical Typology,” dalam ATL-10 Language Typology Workshop. Paris.

Hook, Peter dan Prashant Pardeshi. 2007. “The Semantics Evolution of EAT-Expressions in Indo-Aryan Language,” dalam ATL Language Typology Workshop. Paris.

Indrawati, Dianita. 2010. “Makian dalam Bahasa Madura: Kajian Metabahasa Semantik Alamiah,” dalam http://www.bebas.vlsm.org/v12/

Osmolovskaya, Anastasia Bonch, Ekaterina Rakhilina, dan Tatjana Reznikova. 2007. “The Concept of PAIN: Typologycal Study of Core Vocabulary, dalam ATL Language Typology Workshop. Paris.

Tim Penyusun. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: Gramedia.

Wierzbicka, Anna. 1992. Semantics, Culture, and Cognition. Oxford: Oxford University Press.

Wierzbicka, Anna. 1996. Semantics Primes and Universals. Oxford: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v4i2.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id