KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL MARS KARYA AISHWORO ANG (Social Critism in Novel Mars by Aisworo Ang)

Dian Nathalia Inda

Abstract


Aishworo Ang, pengarang yang berasal dari Gunungkidul mengemukakan tanggapan dan sindiran sebagai wujud ketidakpuasan dan ketidaksetujuannya pada beberapa fenomena sosial yang ada di dalam novel keduanya, Mars. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan kritik sosial yang terdapat dalam novel Mars. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada banyak kritik sosial yang ada di novel Mars. Kritik sosial tersebut meliputi kritik terhadap kekuasaan, kritik terhadap kinerja pemerintah, kritik terhadap oknum politisi, kritik terhadap pemberian nama, kritik terhadap sistem pendidikan, kritik terhadap tenaga pendidik, dan kritik terhadap penyalahgunaan tradisi.



Aishworo Ang, an author from Gunungkidul, expressed his responses and satire as a form of dissatisfaction and disagreement about some of the social phenomena in his second novel, Mars. This study aims to reveal and describe social criticism contained in the novel Mars. Data were analyzed using qualitative descriptive methods using the sociological approach to literature. From the results of the discussion it can be concluded that there are many social criticisms in the Mars novel. These social criticisms include criticism of power, criticism of government performance, criticism of politicians, criticism of naming, criticism of the education system, criticism of educators, and criticism of abuse of tradition.

Keywords


Mars; social criticism; sociology of literature; Aishworo Ang

Full Text:

PDF

References


Ang, Aishworo. (2011). Mars. Yogyakarta: Safirah.Astuti, Wiwiek Dwi. (2013). “Kritik sosial dalam puisi Wakil Rakyat dalam Antologi Puisi: Tidur Tanpa Mimpi karya Rachmat Djoko Pradopo,” Atavisme, Vol 16, No 1, Ed Juni 2013,hlm. 99 –108.

Azizah, Nova Aulia. (2007). “Nilai-Nilai Optimisme dalam Novel Mars Karya Aishworo Ang dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam SMA Kurikulum 2013,” dalam http://digilib .uin-suka.ac.id/26931/1/13410185, diakses tanggal 10 Oktober 2018 pukul 13.41.

Faruk. (2012). Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hastutii, Hexa Biopsi Puji. (2013). “Mitos Amplop dalam Cerpen ‘Amplop’,” dalam Kandai, Vol 9, No 2, Ed November 2013, hlm. 371–380.

Nurgiyantoro, Burhan. (2000). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. (2006). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, Atar. (2013). Kritik Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa

Soegono, Dendy, et al. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wiyatmi, W. (2009). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v6i2.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id