METODE BERNYANYI SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BAHASA INDONESIA KELAS V SD (The Singing Method to Increase The Students Abilitty of The 5th Grades Elementary School Students in Learning Indonesian Subject)

Hetilaniar Hetilaniar, Mardiana Sari

Abstract


Materi Bahasa Indonesia akan mudah dipahami jika disampaikan dengan menyenangkan. Salah satunya dengan metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Se-Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muara Enim, dengan menggunakan metode bernyanyi. Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, para siswa diberi evaluasi setelah melalui proses pembelajaran. Tes yang dilakukan disesuaikan dengan materi yang diterimanya saat penelitian berlangsung. Setelah dilakukan penelitian, terbukti bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan memahami materi bahasa Indonesia kelas V SD Se-Kecamatan Rambang Dangku. Hal ini dapat dilihat pada tahap prasiklus, hasil belajar siswa yang mencapai KKM hanya 45 persen. Pada siklus I terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 71 persen dan peningkatan yang sangat signifikan terjadi pada siklus II sebesar 89 persen.




Indonesian subject will be easier to teach if it is delivered with pleasure way. One of them is singing method. The objective of this research is to increase the students ability of 5th grades of Rambang Dangku district of Muara Enim Regency by using singing method. To find out the student’s ability, the student was given the test after class. Test given is according to the subject that they was learn. After the research is done, it was proved that singing method can increase the students ability to understand the indonesian subject of 5th grades of elementary school of Rambang Dangku district. it can be seen in pre cycle phase, the result of students achievement thar reach KKM about 45% only. In the first cycle there are enhancement of student achievement within 71% and there are significant enhancement in second cycle within 89%.


Keywords


the singing method; Indonesian Subject learning material; student’s ability

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (1994). Petunjuk Teknis Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Taman Kanak-Kanak.

Hetilaniar. (2016). “Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”, dalam jurnal Wahana Didaktika, Vol. 14 No. 2.

Karyadi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Masitoh dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Porter, Bobbi De dan Mike Hernacki. (2002). Quantum Learning. Badung: Mizan.

Rahman, Hibana S. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Subana dan Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, Nana. (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugito. (1994). Lagu Model sebagai Salah Satu Media Pendidikan yang Efektif bagi Siswa TKA-TPA di Yogyakarta. Yogyakarta: Pendidikan Seni IKIP.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v6i2.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id