LITERASI AGAMA DALAM NARASI RUANG VIRTUAL

Ni Nyoman Ayu Suciartini, I Putu Wahyu Pratama

Abstract


Literasi di ruang virtual dan media sosial perlu dikembangkan di tengah maraknya narasi-narasi berita bohong maupun konten digital yang kurang mendidik. Pemanfaatan ruang virtual dan media sosial seharusnya diisi dan dikembangkan dengan konten positif, mengedukasi, dan dapat memotivasi generasi muda untuk mengembangkan kebudayaan, ritual, adat istiadat, dan tradisi di dalamnya. Sepanjang apa pun sejarah dan sejauh apa pun peradaban melesat dengan perkembangan teknologi informasi di dalamnya, penanaman nilai toleransi, kerukunan, kecintaan terhadap kebudayaan, dan pendidikan karakter memang wajib dan harus dilakukan sebagai bagian dari roh pendidikan, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat. Sebab, jika anak-anak atau generasi telah memiliki karakter yang kuat, mereka tidak akan mudah tercerabut dari akarnya. Tantangan era ini tentu berhadapan dengan adanya ruang virtual dan dunia digital yang beragam, lebih menarik, dan lebih menjangkau banyak khalayak. Hal inilah yang seharusnya dimanfaatkan dalam dunia pendidikan untuk menjadi media dalam pembelajaran apa pun, termasuk di dalamnya menjadi manusia yang moderat dan toleran demi keutuhan NKRI. Ruang virtual dan media digital perlu dianalisis untuk dapat menjadi media pembelajaran yang inovatif untuk mendukung hal-hal baik dan positif serta melibatkan generasi muda untuk ikut andil di dalamnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai pendidikan karakter dalam ruang virtual dan media digital sebagai media pembelajaran moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan bantuan metode kajian pustaka, wawancara, dan kuesioner. Pisau analisis yang dipakai, yaitu Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang virtual dan media digital dengan narasi, bahasa, dan konteks yang mendukung sebuah wacana virtual dan digital dapat berdampak positif untuk mengedepankan konten agama, seni tradisi, dan budaya, memuat nilai-nilai pendidikan karakter, dan menjadi media penguatan perilaku moderat dan toleransi beragama.

Keywords


analisis wacana, literasi, ruang virtual

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Revisi X”.

Badan Pengembangan dan Perlindungan Bahasa. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa.

Balai Litbang Agama Makassar. (2019). “Moderasi Beragama dalam Tradisi Lisan Masyarakat”. 1–4.

Dianita, G., dkk. (2018). "Implementasi Pendidikan Toleransi di Sekolah: Sebuah Kearifan Lokal di Sekolah Nahdlatul Ulama". TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, Vol. 5, No. 2.

Elfrindri, dkk. (2012). Pendidikan Karakter, Kerangka, Metode, dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Boduose Media.

Elya, M. (2014). "Analisis Wacana Kritis dalam Perspektif Norman Fairclough". KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi. https://doi.org/10.24090/kom.v8i1.746.

Ervania, Teguh Setiawan, & Nurhayadi. (2022). "Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Representasi Kehidupan Religius Cerpen Mbah Sidiq Karya A. Mustofa Bisri". SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(2), 256–264. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.554.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hadisaputra, P. (2020). "Pendidikan Toleransi di Indonesia: Studi Literatur". Jurnal Dialog, Vol. 43, No. 1, Juni 2020.

Hefni, W. (2020). "Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri". Jurnal Bimas Islam, Vol. 13, No. 1.

Indah, Y.T. (2020). "Pendidikan Toleransi Beragama Berbasis Multikultural di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan (Pu Hua School) Purwokerto Kabupaten Banyumas". Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2013). "Moderasi Beragama". Jurnal Kementerian Agama, Vol. 53, Issue 9.

Mustofa, M. & Budiwati, B.H. (2019). "Proses Literasi Digital terhadap Anak: Tantangan Pendidikan di Zaman Now". Pustakaloka, 11(1), 114. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619.

Pudentia. (2002). "Dinamika Tradisi Lisan Nusantara". Makalah Seminar Nasional Dinamika Budaya Lokal dalam Wacana Global Dies Natalis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Rosyid, A. (2022). "Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan: Suatu Kajian atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama". Tarbawi, 5(2), 101–110.

Saputra, H.N. & Salim, S. (2020). "Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital". Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667.

Silvana, H. & Darmawan, C. (2018). "Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung". Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327.

Siregar, H. (2022). "Analisis Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila". Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102.

Suandi, I.N. (2010). Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Undiksha.

Suciartini, N.N.A. (2017). "Analisis Wacana Kritis “Semua Karena Ahok” Program Mata Najwa Metro TV". Aksara. https://doi.org/10.29255/aksara.v29i2.54.267-282.

Suciartini, N.N.A. (2018). "Pendidikan Toleransi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Metode Think Pair Share di STIKOM Bali". Jurnal Widyadari. IKIP PGRI Bali.

Suciartini, N.N.A. (2019). "Bahasa Satire dalam Kultur Meme Media Sosial". Jurnal Pustaka Unud, Vol. 20, No. 1, 1—9. Denpasar: Universitas Udayana.

Sugiyono. (2016). "Metodologi Penelitian". Journal of Chemical Information and Modeling.

Surahman, S. (2013). "Dampak Globalisasi Media terhadap Seni dan Budaya Indonesia". Jurnal Komunikasi, Vol. 2, No. 1, 29–38.

Tobing, M.M. (2017). "Jurgen Habermas dan Ruang Publik di Indonesia”. Jurnal FISIP Universitas Kristen Indonesia, 1–32. http://repository.uki.ac.id/.

Usman, A.M. (2018). “Revitalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Sufisme”. Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(1), 101–120. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/3403/2530.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v11i2.480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id