EVALUASI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA KELAS V.C SD NEGERI 21 TARAI BANGUN, KAMPAR: STUDI KASUS MEMBACA PUISI

Zainal Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kasus kesulitan pembelajaran membaca puisi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan data yang diperoleh dari subjek kasus guru dan siswa kelas V.C SDN 21 Tarai Bangun, Kampar. Data berupa perilaku kesulitan belajar diambil dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi identifikasi kasus, diagnosis, prognosis, remedial (treatment), evaluasi, dan tindak lanjut (follow up). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kasus kesulitan pembelajaran apresiasi sastra, khususnya membaca puisi, adalah kondisi kelas dan faktor guru. Kondisi jendela kelas yang terlalu rendah dapat diatasi dengan memberi penutup berupa tirai untuk menghalangi pandangan siswa ke luar ruangan, sedangkan guru yang kurang menguasai kelas karena kekurangan media pembelajaran dapat diatasi dengan penyediaan buku penunjang lain selain buku utama, majalah, dan proyektor.

Kata kunci: pembelajaran; apresiasi sastra; studi kasus; membaca puisi.

Keywords


pembelajaran, apresiasi sastra, studi kasus, membaca puisi

Full Text:

PDF

References


Andayani. 2004. “Pendekatan Abrams dalam Pengajaran Sastra”. Materi Kuliah Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surakarta: UNS.

BSNP.2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas

Burhan Nurgiyantoro. 1987. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Burhan Nurgiyantoro 2003. Mekanisme dan Prosedur Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.

Jabrohim (Ed). 1994. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayu, Chritina Puji. 2018. ““Pembelajaran Apresiasi Puisi dengan Metode Quantum Learning di Sekolah Dasar dalam Prespektif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan” dalam Jurnal Stilistika Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018 halaman 7─12

Sebesta, Sylvia L & Stewig, Vars. 2002. “Literature Across the Curriculum-Using Literature in Elementary Classroom”. Language Arts. Reprinted by Permission of National Council of Teachers of English NCTE, 68. Pp. 110-118.

Setiyaningsih, Karyawati Rosatina. 2010. “Pembelajaran Apresiasi Puisi di Sekolah Dasar (Studi Kasus Kelas V SD Negeri I Begalon Surakarta). Tesis. Solo: Universitas Sebelas Maret.

Setiyaningsih, Karyawati Rosatina. 2008 Pengkajian dan Apresiasi Puisi.Salatga : Widya Sari Pres

Triyadi, Bagus Rai dkk. 2017. “Kesulitan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Studi Kasus pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Inklusi X Bandung)” dalam Jurnal LITERASI Jurnal Ilmiah Pend Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Volume 7 Nomor 1 Tahun 2017 halaman 41─52

Yant Mujiyanto. 2004. Materi Kuliah Sejarah Sastra. Surakarta: UNS.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v10i1.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id