PEMBELAJARAN PUISI MELALUI METODE KONSTRUKTIVISME BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterkaitan pembelajaran puisi melalui metode konstruktivisme berbasis karakter untuk meningkatkan keterampilan menulis esai. Puisi sebagai salah satu bentuk sastra mempunyai peran sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Karakter yang penting dimiliki oleh peserta didik adalah semangat kebangsaan. Melihat video puisi, memaknai puisi, dan menulis esai dengan tema semangat kebangsaan dapat menumbuhkan karakter tersebut. Dengan menggunakan metode konstruktivisme, peserta didik dapat membangun atau menyusun ide baru berdasarkan pengalaman dari pembelajaran puisi menjadi esai. Langkah-langkah pembelajaran melalui metode konstruktivisme adalah (1) orientasi, (2) elisitasi, (3) restrukturisasi ide, (4) penggunaan ide, dan (5) review ide. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari pendahuluan, perencanaan, tindakan, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif atau nonstatistik. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan ide baru dari pembelajaran puisi menjadi esai. Pada siklus 1 hanya 8 peserta didik yang melampaui KKM dengan rata-rata 76, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan, yakni seluruh peserta didik mendapatkan nilai melampaui KKM dengan rata-rata 83. Dapat disimpulkan bahwa integrasi pembelajaran puisi melalui metode konstruktivisme berbasis karakter direkomendasikan dapat meningkatkan keterampilan menulis esai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alvendara, Eva. (2011). “Intregasi Pendiidkan Karakter dalam Pembelajaran Biologi,” dalam http://evaalvendra.blogspot.com/2011/integrasi-pendidikan-karakter.html, diakses tanggal 12 Februari 2018 pukul 09.00 WIB.
Hayati, Sri. (2017). “Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013,” dalam http://lib.unitidar.ac.id.uploads.2017.01.pendidikan-karakter-dalam-k.13, diakses tanggal 26 Mei 2018 pukul 08.13 WIB.
Indriani, Neng Rista. (2012). “Artikel tentang Pendidikan Karakter,” dalam https://www.artikelbagus.com/2012/03/artikel-pendidikan-karakter.html, diakses tanggal 26 Mei 2018 pukul 08.04 WIB.
Kanzunnudin, Mohammad. (2010). “Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter,” dalam http://umk.ac.id.384/1/prosiding-seminar-nasional-pendidikan.pdf, diakses tanggal 28 Mei 2018 pukul 8.20 WIB.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. (2016). Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016. Balitbang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan. (2010). Panduan Penerapan Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan.
Linda Yustina, dkk., (2016). “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Model Example Non-Example Siswa Kelas X SMK Immanuel Pontianak,“ dalam https://media.neliti.com/media/publications/214481-none.pdf, diakses tanggal 17 Maret 2018 pukul 20.00 WIB.
Massi, Grace. (2014). “Unsur Struktur Batin Beberapa Puisi dalam Antologi Puisi Jakarta-Berlin,” dalam https://media.neliti.com/ media/ publications/ 82317- ID-analisis-unsur-unsur-stuktur-batin-beber.pdf, diakses tanggal 15 Mei 2018 pukul 20.00 WIB.
Meldawati. (2011). “Peningkatan Kemampuan Menulis Esai Melalui Teknik Tiru Model Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Hiliran Gumanti,” dalam http://meldawatifirman.wordpress.com, diakses tanggal 27 Mei 2018 pukul 15.07 WIB.
Muryanti, Tri. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi Bermuatan Karakter Berbasis Android Siswa Kelas VIIII SMP Negeri 1 Kampak Trenggelek,” dalam https://elissuaidhamedia.wordpress.com, diakses tanggal 15 Mei 2018 pukul 20.00 WIB.
Nursari, Dani. (2012). “Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Konstruktivisme di Kelas V,” dalam http://publikasi.s tkipsiliwangi.ac.id/files/2012/09/Dini-Nursari-102101211.pdf, diakses tanggal 14 Mei 2018 pukul 17.00 WIB.
Nurseto, Tejo. (2011). “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik,” dalam http://media.neliti.com>publication, diakses tanggal 29 Mei pukul 10.02 WIB.
Siswinarti, Putu Ratih. (2017). “Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Bangsa Beradab” dalam https://www.researchgate.net/publication/315100058-pentingnya-pendidikan-karakter-untuk-membangun-bangsa-beradab, diakses tanggal 16 Mei 2018 pukul 20.00 WIB.
Slamet, St,Y. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa. Surkarta: UNS Press.
Sulastri, Misti. (2014). Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Menulis Puisi dan Prosa Siswa SMP dalam http://repository.unib.ac.id/11131/1/26.-Misti%20Sulastri.pdf , diakses tanggal 14 Mei 2018 pukul 20.15 WIB.
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Penerbit.
Wildan. (2008). Nasionalisme dalam Novel-Novel A. Hasjmi. Jakarta: Pusat Bahasa, Dapertemen Pendidikan Nasional.
Zakky. (2018). “Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli Pendidikan,” dalam https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/, diakses tanggal 15 Mei 2018 pukul 07.00 WIB.
DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v6i1.114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id