PENGEMBANGAN MODUL MENULIS FEATURE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
Pengembangan modul menulis feature telah diteliti berdasarkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini digunakan untuk mengembangkan produk penelitian berupa modul pembelajaran menulis feature yang digunakan padatingkat sekolah menengah atas(SMA). Penelitian ini menggunakan teori Martin Tessmer dan Benny. Data dikumpulkan dengan melakukan pretest kepada siswa, melalui angket, wawancara, dan menganalisis kebutuhan siswa serta guru terhadap modul menulis feature. Modul dikembangkan dengan pendekatan saintifik. Setelah dikembangkan, modul divalidasi dan direvisi, kemudian diujicobakan. Uji coba dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu one to one,small group, dan field test. Setelah uji coba tersebut, dibagikan angket tentang kesan siswa selama menggunakan modul. Efek potensial modul diketahui dari hasil tes siswa berupa tes pilihan ganda dan esai. Penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan selama ini belum dapat membantu siswa untuk menulis feature. Setelah menggunakan modul menulis feature, ada efek potensial berupa peningkatan kemampuan menulis feature tanpa bimbingan guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahya, Inung. 2012. Menulis Berita di Media Massa. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.
Chaer, A. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Dirjen Depdiknas.
Isnawijayani. 2013. Pengantar Penulisan Feature. Bandung: Widya Padjadjaran.
Kusumaningrat, Hikmat. 2012. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasir. 2010. Menulis untuk Dibaca: Feature dan Kolom. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: DIVA Press.
Pribadi, Benny A. 2011. Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.
Romli, Asep Syamsul M. 2009. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setiawan, Denny. 2007. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: UT.
Soekartawi dkk. 1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumadiria, AS. 2005. Jurnalistik Indonesia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tessmer, Martin. 1998. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page.
Warsidi, Edi. 2010. Bagaimana Menulis Feature Objek Wisata. Bekasi: Mitra Utama.
Wibowo, Wahyu. 2007. Berani Menulis Artikel Babak Baru Kiat Menulis Artikel Untuk Media Massa Cetak. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v4i1.76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id