ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN TEKS PADA BUKU BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN BAGI KELAS VII SMP/MTs BERDASARKAN ANALISIS TEKNIK KLOS

Sarwo Ferdi Wibowo

Abstract


Penelitian ini menganalisis tingkat keterbacaan teks pada buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan bagi kelas VII SMP/MTs dengan menggunakan teknik klos. Sebanyak tujuh buah sampel teks ditentukan secara acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang disusun berdasarkan prosedur klos dan diujicobakan pada sembilan puluh orang siswa dari sepuluh sekolah di Kota Bengkulu. Data dianalisis dengan prosedur klos, tabulasi sederhana, persentase rata-rata, dan  interpretasi tingkat keterbacaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh teks yang dijadikan sampel tergolong pada tingkat keterbacaan frustasi dengan persentase rata-rata tertinggi 38,19% dan terendah dengan persentase rata-rata 22,92%.


Keywords


tingkat keterbacaan; teks; teknik klos

Full Text:

PDF

References


Andriana, Winda. 2012. “Analisis Keterbacaan Buku Teks Pelajaran Kelas III SD: Studi Kasus untuk Teks Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS.” Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Brown, Gillian dan George Yule (terj. I. Soetikno). 1996. Analisis Wacana:Discourse Analysis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Chaniago, Sam Mukhtar, dkk. 1996. Aspek Keterpaduan dan Keterbacaan Wacana Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Kelas 1 SMU. Jakarta: Lembaga Penelitian IKIP Jakarta.

Dewi, Pande Putu Trisna Kumala. 2012. “Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Melalui Uji Tes Rumpang,” dalam http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/ article/viewFile/502/417, diakses tanggal 30 Oktober 2014.

Hafni. 1981. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Pengajaran Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Halliday, M.A.K. dan Ruqaiya Hasan (terj. Asruddin Barori Tou). 1994. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-Aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Harjasujana, A.S. dan Yeti Mulyati. 1996. Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Iwan. 2003. “Analisis Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Paket dan Buku Suplemen Bahasa Indonesia Kelas II SMU Menggunakan Teknik Klos.” Skripsi. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Pranowo, Dwiyanto Djoko. 2013. “Alat Ukur Keterbacaan Teks Bahasa Indonesia,” dalam http://staf.uny.ac.id/ sites/default/files.131764502/artikel TESISS2JOKO.pdf, diakses tanggal 20 Oktober 2014.

Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro

Sadtono, E., dkk. 1997. Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Th. II, No. 6

Suladi, Wiwiek Dwi Astuti, K. Biskoyo. 2000. Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa

Suherli. 2008. “Keterbacaan Buku Teks Pelajaran,” dalam http//:suherlicenter,blog.spot.com, diakses tanggal 30 Oktober 2014.

Syukron, Ahmad. 2013. “Keterbacaan Wacana dalam Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas IV Terbitan Erlangga Berdasarkan Teknik Cloze.” Skripsi. Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v3i1.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id