PENERAPAN STRATEGI PENGGUNAAN TABEL KATA BERIMA (MENTARI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN DENGAN BANTUAN GOOGLE SHEET

Hastri Hastri, Ratu Wardarita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis pantun dengan penerapan strategi menggunakan tabel kata berima (Mentari) dengan bantuan Google Sheet bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Sungaiselan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif berdasarkan pengalaman terbaik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model problem based learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Sungaiselan yang berjumlah sembilan orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi penggunaan tabel kata berima (Mentari) dengan bantuan Google Sheet dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Sungaiselan. Keterampilan menulis pantun siswa meningkat terlihat dari nilai rata-rata siswa. Pada kondisi awal rata-rata nilai siswa 60 (masih belum mencapai nilai KKM) meningkat menjadi 81,1. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi ini dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Sungaiselan.

Keywords


menulis pantun, kata berima, Google Sheet

Full Text:

PDF

References


Astuti, Wiji. (2021) The Learning Cell dalam Pembelajaran Menulis Pantun. Yogyakarta : Deepublish.

Febrianza, Gun Gun.2019. Google Sheet, diakses dari https://medium.com/@gungunfebrianza/apa-itu-google-sheet-google-appscript-be640875f105, diakses pada tanggal 22 Maret 2020.

Handayani, Indri. Dkk. (2017). Pemanfaatan Google Spreadsheet Sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site iFacility di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Sisfotenika, Vol 7, Nomor 2, Hal 177-186.

Hasan, Muhammad et. al. (2021) Media Pembelajaran. Jawa Tengah : Tahta Media.

Jumani. 2018. Struktur dan Nilai Moral Pantun pada Rubrik Bujang Besaot serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Jurnal Sirok Bastra, Vol 6, Nomor 1, Hal 1-12.

Kemal, I., & Nurbaya, S. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Pantun Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 70 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 4(1), 14-29.

Lestari, Yuni. 2021. Pengembangan Kamus Berima Populer sebagai Acuan Pembelajaran Sastra dan Penerbitan Karya Sastra. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Purwanti, Dewi. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Model Berpikir Berbicara Menulis (Think Talk Write). Jurnal Diskatrasia, Vol 1, No-mor 2, Hal 52-56, diakses dari https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/viewFile/581/479 , diakses pa-da tanggal 24 Maret 2020.

Risdiansyah, D. (2017). Perancangan Sis-tem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Desktop pada SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol 5 (2).




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v11i1.428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id