PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA HOKKIEN TERHADAP PENGUASAAN BAHASA MANDARIN LISAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI DI KOTA MEDAN

Sylvia Tanaka, Septerianie Sutandi

Abstract


Penelitian ini membahas pengaruh kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Hokkien terhadap penguasaan bahasa Mandarin lisan mahasiswa sebuah sekolah tinggi di Kota Medan. Mahasiswa sekolah tinggi yang menjadi responden dalam penelitian ini merupakan pemelajar bahasa Mandarin yang bahasa ibunya adalah bahasa Hokkien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis data yang dikumpulkan melalui kuesioner terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muncul bahasa antara dalam proses mereka mempelajari bahasa Mandarin. Kemampuan bahasa Hokkien di satu sisi membawa pengaruh positif, di sisi yang lain juga membawa pengaruh negatif terhadap penguasaan bahasa Mandarin. Dengan keeratan hubungan kekerabatan antara dua bahasa, bahasa Hokkien membawa pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata, tata bahasa, dan fonetik bahasa Mandarin. Selain itu, ditemukan bahwa pengaruh negatif yang terjadi disebabkan oleh beberapa perbedaan sistem kebahasaan dari bahasa Mandarin (B2) dan bahasa Hokkien (B1). Peneliti berharap temuan dan saran dari penelitian ini dapat membantu pemelajar bahasa Mandarin memanfaatkan pengaruh positif kemampuan bahasa Hokkien dalam meningkatkan efektivitas terhadap penguasaan bahasa Mandarin, juga membantu pemelajar meminimalkan pengaruh negatif yang disebabkan oleh kemampuan bahasa Hokkien terhadap penguasaan bahasa Mandarin.

Keywords


pengaruh; bahasa antara; bahasa Hokkien; bahasa Mandarin; mahasiswa Kota Medan

Full Text:

PDF

References


Afriani, W. (2017). "Interfensi Fonologi Bahasa Ibu terhadap Fonologi Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Tingkat II Sastra Cina Fakultas Ilmu Budaya USU," Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Aryanti, U. (2021). "Phonological Adaption of Hokkien Loanwords in Indonesian," Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 5(1), 250-264.

Chappell, H. (2019). A Sketch of Southern Min Grammar. ResearchGate. https://doi.org/10.1515/9783110401981-005

Chen, C. (2016). Fēilǜbīn Huáyì Xuéshēng De Dì Yī Yǔyán Duì Hànyǔ Yǔyīn Xuéxí De Yǐngxiǎng Yǔ Zuòyòng (The Influence and Effect of The First Language of Chinese Filipino Students on Chinese Phonetic Learning). Níngdé Shīfàn Xuéyuàn Xuébào (Journal of Ningde Normal University), 3, 72–76.

Christian, S.A. (2017). "Identitas Budaya Orang Tionghoa Indonesia," Jurnal Cakrawala Mandari, 1(1), 11-22.

Fauziati, E. (2017). "Native and Target Language Influence on The Students’ Interlanguage Productions: A Case of Indonesian EFL Compositions," Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(1), 54–63. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i1.6858

Feng, Z. (2005). Xiàndài Hànyǔ Cíhuì Gòuzào Tèdiǎn Yǔ Duìwài Hànyǔ Cíhuì Jiàoxué (Features of Modern Chinese Vocabulary Structure and Teaching Chinese Vocabulary as a Foreign Language). Journal of Shengli Oilfield Teachers College, 19(4), 11–13.

Gapur, A., Siregar, D. S. P., & Pujiono, M. (2018). Language Kinship Between Mandarin, Hokkien Chinese and Japanese (Lexicostatistics Review). Aksara, 30(2), 301–318. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i2.267.301-318

He, L. (2013). Xiàndài Hànyǔ Yǔfǎ Tèdiǎn Tànxī (An Analysis of the Grammatical Characteristics of Modern Chinese). Journal of Zaozhuang University, 30(4), 59–62.

Hong, L. (2009). Huáyǔ Yǔ Mǎlái Yǔ De Cíhuì Jiāoliú ——— Mǎláixīyà Wénhuà Rónghé De Biǎoxiàn (Vocabulary Exchange Between Chinese and Malay ——A Manifestation of the Fusion of Malaysian Cultures). Southeast Asian Studies, 14(1), 84–88.

Li, F. (2019). Qiǎntán Yìnní Miánlán Xuéxízhě Xuéxí Pǔtōnghuà Shéjiān Hòu Fǔyīn Shēngmǔ De Qíngkuàng (Talking About the Situation of Indonesian Medan Learners Learning the Initial Consonants After the Tip of the Tongue). Journal of Language, Literature, and Teaching, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.35529/jllte.v1i1.1-17

Lian, H. (2014). Fēilǜbīn Yān Shì Huáyì Xuéshēng Hànyǔ Xuéxí De Mǐnnán Fāngyán Yīnsù (The Factors of Southern Fujian Dialect in Chinese Language Learning of Chinese Students in Yan City, Philippines). Journal of Longyan University, 32(4), 49–52. https://doi.org/10.16813/j.cnki.cn35-1286/g4.2014.04.009

Lian, Z. (2004). Mǐnnán Fāngyán Yǔyīn Duì Dōngnányà Xuéshēng Xuéxí Pǔtōnghuà Yǔyīn De Yǐngxiǎng Jí Jiàoshī De Duìcè (The Influence of Southern Fujian Dialect Pronunciation on Southeast Asian Students' Learning of Mandarin Pronunciation and Teachers' Countermeasures). Hǎiwài Huáwén Jiàoyù (Overseas Chinese Education), 2, 41–43.

Liu, Z. (2002). Xiàndài Hànyǔ Cíhuì Tèdiǎn Chūtàn (A Preliminary Study on the Characteristics of Modern Chinese Vocabulary). Dong Yue Tribune, 23(6), 138–142.

Liu, Z. (2018). Qiǎnxī Hànyǔ Yǔyīn Tèdiǎn Jí Duìwài Hànyǔ Yǔyīn Jiàoxué (A Brief Analysis of Chinese Phonetic Features and Teaching Chinese as a Foreign Language). Innovation Education, 7, 110–111.

Nazir, M., & Sikumbang, R. (2014). Metode Penelitian (Cet. 9). Ghalia Indonesia.

Pinem & Alvionita, J.D. (2017). "Pemertahanan Bahasa Hokkian Terhadap Pembelajaran Bahasa Mandarin oleh Siswa Etnis Tionghoa di SMA Sultan Agung Kota Pematangsiantar," Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Puspitasari, T., & Ai, D. (2019). "Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia," Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1977(1), 465–470.

Soma, R. (2017). "Interlanguage in Foreign Language Learning," English Empower, 02(02), 87–92.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. 7). Remaja Rosdakarya.

Zhaiyan. (2017). Hòu Fāngfǎ Shídài De Hànyǔ Yǔfǎ Jiàoxué Fāngfǎ Fēnxī (An Analysis of Chinese Grammar Teaching Methods in the Post-Method Era). TCSOL Studies, 66(2), 52–61. https://doi.org/10.16131/j.cnki.cn44-1669/g4.2017.02.004

Zheng, X. (2009). Mǐnnán Fāngyán Yǔ Pǔtōnghuà Yǔyīn Xiāngyìxìng Jí Qí Jiǎozhèng Duìcè (The Phonetic Dissimilarity Between Southern Fujian Dialect and Putonghua and Its Corrective Countermeasures). Journal of Hengshui University, 11(2), 69–71.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v10i2.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id