MENULIS PARAGRAF MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis paragraf melalui metode inkuiri dengan menggunakan media audio pada siswa kelas X1SMA DDI Alliritengae, Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan unjuk kerja. Pemaparan data proses dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan pemaparan data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf siswa kelas X1 SMA DDI Alliritengae, Kabupaten Maros pada tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Hasil analisis penilaian siswa menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 74,86 dengan persentase tingkat penguasaan berada dalam kategori cukup (66—75), pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 86,33 dengan persentase tingkat penguasaan berada dalam kategori baik sekali (86—95). Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah mengalami peningkatan sebanyak 11,47 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf siswa kelas X1 SMA DDI Alliritengae, Kabupaten Maros.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
Akhadiah, dkk. 2008. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharjono, dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Halim, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: BP UNM.
Kartono, ST. 2009. Menulis Tanpa Rasa Takut. Yogyakarta: Kanisius.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyatno.2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v2i2.39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id