KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA KALIMAT PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 23 PEMULUTAN, KABUPATEN OGAN ILIR

Centi Agustia Maruti, Missriani Missriani, Sri Wahyu Indrawati

Abstract


Literasi membaca masih menjadi pekerjaan rumah bagi dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini terlihat dari peringkat literasi Indonesia yang masih sangat rendah, yaitu urutan ke-64 dari 72 negara. Hal inilah yang menarik peneliti untuk membuat penelitian terkait kemampuan membaca di SD Negeri 23 Pemulutan, Ogan Ilir. Menggunakan metode campuran atau mix method, peneliti mengamati 25 siswa Kelas I SD Negeri 23 Pemulutan dalam hal membaca kalimat sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui jika kemampuan membaca kalimat para siswa masih belum baik. Saat membaca kalimat sederhana, peserta didik masih banyak yang mengeja kata, setelah itu baru digabungkan untuk dibaca menjadi satu kalimat yang utuh. Dari 25 orang siswa, hanya 9 orang siswa saja yang mampu membaca seluruh kalimat dengan lancar.


Keywords


literasi, kalimat, siswa

Full Text:

PDF

References


Afifudin, B.A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Anderson, R. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali.

Dwijayati, Cidenty Dea Crismonia, Rahmawati, Laili Etika. (2020). “Kendala Literasi Baca Tulis sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun”, Surakarta, Vol. 2, No. 1, 22 Juni 2021, hal. 18–32.

Hamalik, O. (2010). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indiani, Baroroh. (2020). “Mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19”. https;//ojs.bpsdmsulsel.id, diunduh pada tanggal 28 Januari 2020, pukul 23.45 WIB.

Indrawati, Sri Wahyu. (2016). “Pembelajaran Keterampilan Berbicara melalui Metode Diskusi”, Prosiding Revolusi Mental Mewujudkan Tenaga Pendidikan yang Profesional dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. ISBN 978.602.95793.7.6, hal. 102–110.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyati, Y. (2021, Mei 1). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Diambil dari http://repository.ut.ac.id.

Pratiwi, S.H. (2021). “Upaya Meningkatkan Literasi Membaca di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku”, Fitrah: International Islamic Education Journal.

Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi V. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Romdhoni. (2017, Mei 20). Diambil dari https://sc.syekhnurjati.ac.id/.

Seefeldt, C., Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini, Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT Indeks.

Shaffat, Idri. (2009). Optimized Learning Strategy. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsuddin, Damaianti, Vismaia. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H.G. (2008 ). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thereana, Ana. (2016). “Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Teknik Brainstorm Sheet”, Wahana Didaktika; Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 14, No. 3, September 2016: 55–67.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v10i2.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id