MENULIS TEKS OBSERVASI MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF ANALYTIC TEAM DENGAN TEKNIK IDENTIFIKASI OBJEK

Kurniati Kurniati

Abstract


Menulis teks observasi merupakan bagian keterampilan berbahasa siswa. Namun, pada tahap penilaian, diperoleh hasil yang tidak memuaskan. Upaya meningkatkan kemampuan menulis dilakukan melalui pembelajaran dengan membangun kerja sama (kolaboratif) analytic team yang memotivasi pengetahuan, pemahaman, dan rasa percaya diri siswa. Peserta didik berkelompok melakukan pengamatan secara intensif. Dengan membagi anggota tim dalam tugas- yang masing-masing memiliki data dan pendalaman. Hasil tindakan menunjukkan motivasi belajar dan hasil evaluasi belajar lebih meningkat. Pembelajaran kolaboratif analytic team dengan teknik identifikasi objek menghasilkan pengembangan sikap, peningkatan kompetensi, dan keterampilan dalam menulis hasil pengamatan. Tujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks observasi tercapai dengan baik (tuntas).

Keywords


kolaboratif, analytic team, identifikasi objek, menulis teks observasi

Full Text:

PDF

References


Anas, Z. (2011). Membangun Karakter dan “Go Internasional” melalui Pembelajaran yang Berbasis Kearifan. Makalah Seminar Nasional Tradisi Lisan dalam Pengembangan Kurikulum. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda UPI Bandung, Bandung 23 September 2011.

Arifin, M. Zainal. “Penerapan Model Pem-belajaran Konsiderasi untuk Meningkat-kan Hasil Belajar PKn” [online] li-brary.vm.ac.id/ptk/index.php?mrd=detail&id.diakses tanggal 3 Januari 2017.

Aqib, Z. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Barkley, E.E. dkk. 2012. Collaborative Learning Techniques. (penerj: Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Bukit, Masrian. 2014. Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.

Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, M. S. 2008. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Fathurrohman, P. dan Sobry S. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Hidayatullah, Rahmat. 2022. Panduan Ber-pikir Komputasional bagi Guru Madras-ah. Jakarta: Erlangga.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Iskandarwassid dan Dadang S. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Keraf, G. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. Ende: Nusa Indah

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pem-belajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Nurseha, R. 2010. Pendidikan Vokasional Memacu Kreativitas. [Online]. Tersedia: http://www.win2pdf.com. [18 Septem-ber 2012]

Purba, Salamat Mudini. (2009). Pembelaja-ran Berbicara. [Online] Tersedia: wywld.wordpress.com/tag/model pem-belajaran berbicara/ [20 November

Purwanto, M.N. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahman, Muhammat dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintregatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan.

Soetarno. 2008. Peristiwa Sastra Melayu Lama. Jakarta:PT Widya Duta Grafika.

Sudrajat, A. (2008). “Model Pembelajaran Afektif tentang Pendidikan” oleh Ahmad Sudrajat’ (8 Mei 2008). http://akhmatsudrajat.wordpress.com/.../model-pemb. (diakses tanggal 3 Januari 2017)

Supriyadi, dkk. (2005). Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, H. Guntur. (2008). Berbicara. Bandung: Angkasa.

Tim. 2021. Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Klaten Utara: PT Macananjaya Cemerlang.

Tim. 2021. Informatika. Klaten Utara: PT Macananjaya Cemerlang.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v11i1.365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id