STRUKTUR DAN KETERBACAAN KALIMAT PADA BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Kajian ini membahas struktur kalimat dan keterbacaan pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kepustakaan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan kalimat tunggal perluasan subjek, predikat, objek, dan pelengkap, kalimat tunggal perluasan keterangan, kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, kalimat majemuk bersusun, dan kalimat taklengkap. Selain menjelaskan struktur kalimat yang ada, penelitian ini juga mencoba menganalisis keterbacaan dilihat dari jumlah kata yang digunakan dalam kalimat tersebut. Hasil yang didapat adalah terdapat beberapa kalimat yang masih masuk kategori kalimat sulit dan sangat sulit dipahami.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan, dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Bahasa. 2011. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Standar Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan dan Kurikulum Depdiknas.
Direktorat Pembinaan SMA. 2010. “Rekapitulasi Jumlah Siswa SMA dan SMK,” dalam http://bit.ly/In8MSW, diakses 30 April 2012.
Gilliland, John. 1972. Readability. London: Holder and Stroughton.
Harjasujana, A.S dan Yeti Mulyati. (1997). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kridalaksana, Harimurti, dkk. 1999. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis (Naskah Kelima). Jakarta: Fakultas Sastra, Universitas Indonesia.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik, Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kusmana, Suherli. 2008. “Keterbacaan Buku Teks Pelajaran,” dalam http://bit.ly/IOR2w8, diakses 30 April 2012.
Nurlaili. 2011. “Pengukuran Tingkat Keterbacaan Wacana dalam LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4—6 SD dan Keterpahamiannya,” dalam http://bit.ly/IhMaio, diakses 30 April 2012.
Parera, Jos Daniel. 1988. Sintaksis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. “Penilaian Buku Teks Pelajaran,” dalam http://bit.ly/IDxecA, diakses 30 April 2012.
Ramlan, M. 2001. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.
Rumadi, A. dan V. Sudiati. 1988. Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sadikin, Asep Ganda, dkk. 2001. Mari Mengangkat Martabat Bahasa Kita: Bahasa Indonesia Buku Pelajaran untuk SMU Kelas III Berdasarkan Suplemen GBPP 1999, Pembelajaran Mengarah pada Kurikulum Kompetensi Dasar. Bandung: PT. Grafindo Media Pratama.
Santoso, Gunawan Budi, dkk. 2008. Terampil Berbahasa Indonesia 3 Program IPA dan IPS untuk Kelas XII SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sihombing, Liberty P. dan Djoko Kentjono. 2005 “Sintaksis,” dalam Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Eds. Kushartanti, Untung Yuwono, dan Multamia RMT Lauder. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Suladi, dkk. 2000. Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Utorodewo, Felicia Nuradi. 2007. “Tinjauan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia,” dalam http://bit.ly/JnGq7G, diakses 30 Oktober 2011.
Yurnaldi. “Pelajaran Bahasa Indonesia Makin Tidak Diminati,” dalam Kompas, 31 Oktober 2008.
DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v2i1.34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sirok Bastra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id