SIKAP RASA INGIN TAHU PADA AKTIVITAS MEMBACA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING (Measurement of Curiosity in Student Reading Activity During Online Learning)

Nindya Annisa Salzabila, Siska Dwi Oktia, Laisia Sigit Rahmahati, Memet Sudaryanto

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi kemajuan dan kualitas suatu bangsa. Oleh karena itu, pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 harus tetap dilak-sanakan meskipun secara daring. Keberhasilan pembelajaran daring tak terlepas dari keterlibatan mahasiswa.  Salah satunya ialah sikap rasa ingin tahu mahasiswa pada aktivitas membaca. Semakin tinggi rasa ingin tahu mahasiswa, semakin sering mahasiswa melakukan aktivitas membaca, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini membahas rasa ingin tahu mahasiswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sikap rasa ingin tahu pada aktivitas membaca mahasiswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 60 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman. Adapun proses pengumpulan data melalui survei kuesioner yang diperkuat dengan hasil wawancara. Kuesioner pengumpulan data dianalisis melalui expert judgement. Untuk analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif berdasarkan skor pengisian angket survei kuesioner dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini adalah sikap rasa ingin tahu mahasiswa pada aktivitas membaca selama pembelajaran daring memperoleh skor 69 dari sekor maksimal sebesar 90 dengan kategori tinggi yang ditandai melalui keaktifan, berpikir kritis, dan inisiatif.

 

Education is one of the essential factors to improve the progress and quality of a nation so that during this COVID-19 pandemic, learning must be carried out even if it is brave. The success of bold education cannot be separated from the involvement of students, one of which is the curiosity of reading activities. The higher the student's curiosity, the more often they will do reading activities, and vice versa. This study aims to measure the attitude of curiosity in students' reading activities during bold learning. The approach used is quantitative research with a research subject of 60 students of the Indonesian Language Education Study Program, Jenderal Sudirman University. The process of collecting data through a survey was conducted with the results of interviews. Data collection questionnaires were analyzed through expert judgment. The data analysis used is quantitative and qualitative based on the scores of filling in the questionnaire survey questionnaires and interviews. The result of this study is that students' curiosity in reading activities during bold learning gets a score of 69 of maximum skor 90, with a high category which is characterized by activeness, critical thinking, and initiative.


Keywords


pembelajaran daring; sikap rasa ingin tahu; membaca; berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Asih, W. (2017). Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Inisiatif Dan Orientasi Pembelajaran Serta Kemampuan Penyesuaian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 96–105.

Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Indonesia selama Masa Pandemi COVID-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS.

Iye, R., & Susiati, S. (2018). Educative Values in Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo by Mahmud Jauhari Ali. Sirok Bastra, 6(2), 185–191.

Karyoto, K., Melasarianti, L., & Martha, N. U. (2020). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “SI ANAK SPESIAL” KARYA TERE LIYE: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 37–48.

Kemendikbud RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan.

Lina, & Sudaryanto, M. (2018). Item Characteristics on Pro-TEFL Listening Section of Center for Language Development UNY. Faculty of Letters Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 69.

Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69–78.

Nugraha, D. S. (2016). Perluasan Makna Leksem Anak dalam Bahasa Indonesia. Sirok Bastra, 4(1), 7–16.

Nurhasanah, S. (2015). The Use of Community Language Learning (CLL) Method to Increase the Students’ Participation in Classroom Conversation. Register Journal, 8(1), 81–94. https://doi.org/10.18326/rgt.v8i1.81-98

Oktavioni, W. (2021). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V SD Negeri 186/1 Sridadi. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(1), 109.

Priyo, E. (2018). Analisis Rasa Ingin Tahu Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VIII Mts An-Nuriyah Tanjung Pasir.

Rohmadi, M., Ulya, C., Sudaryanto, M., & Ximenes, M. (2020). Feasibility Analysis of Basic Writing and Reading Materials for Foreign Speakers. https://doi.org/10.4108/eai.9-11-2019.2295063

Sari, Esti Swatika; Suryaman, Maman; Lestyarin, B. (2013). Model Multiliterasi dalam Perkuliahan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. LITERA.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117.

Sparks, R. L., & Ganschow, L. (2007). Is the foreign language classroom anxiety scale measuring anxiety or language skills? Foreign Language Annals, 40(2), 260–287.

Sudaryanto, M, Ulya, C., Rohmadi, M., & Wulansari, K. (2020). Learning Trajectory: Reactions of Prospective Teachers Looking for Solutions to Learning Problems. B-SPACE 2019: Proceedings of the First Brawijaya International Conference on Social and Political Sciences, BSPACE, 26-28 November, 2019, Malang, East Java, Indonesia, 7.

Sudaryanto, Memet. (2018). STUDI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SURAKARTA. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI) 2018.

Sudaryanto, Memet, Mardapi, D., & Hadi, S. (2019). Multimedia-Based online Test on Indonesian Language Receptive Skills Development. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012120

Sudaryanto, Memet, Saddhono, K., Wahyono, H., Widiatmi, T., Ino, L., Hidayat, H., Wirajaya, A., Suhardi, I., Waluyo, B., & Pramono, P. (2019). Indonesian as a Foreign Language: Standard Setting and Materials Development Issues. 1st Workshop on Environmental Science, Society, and Technology, WESTECH, 178–184. https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2284065

Suwarti, I., Pujihastuti, E., & Nugroho, B. A. P. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DAN MEDIA VIDEO. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 12–23.

Utomo, M. N. Y., Sudayanto, M., & Saddhono, K. (2020). Tools and strategy for distance learning to respond COVID-19 pandemic in Indonesia. Ingénierie Des Systèmes d’Information, 25(3), 383–390.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v9i2.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id