REPRESENTASI BUDAYA POPULER DALAM FILM SENIOR KARYA BAGUS BRAMANTI DAN EKO IVANO WINATA (Popular Culture Representation in Senior Film’s by Bagus Bramanti and Eko Ivano Winata)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk budaya populer yang terepresentasi dalam film Senior karya Bagus Bramanti dan Eko Ivano Winata. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu film Senior karya Bagus Bramanti dan Eko Ivano Winata. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan kalimat yang merupakan hasil identifikasi dari percakapan dan setting sebagai budaya populer yang terlihat dan terdengar dalam film. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik simak dan catat. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya populer dapat terepresentasi melalui karya sastra. Hal ini karena perkembangan zaman yang diikuti oleh canggihnya teknologi dan informasi. Bentuk budaya populer yang terepresentasi dalam film Senior yaitu media sosial, iphone, bahasa asing, bahasa gaul, makanan cepat saji, busana, kafe dan WiFi.
This study aims to describe the form of popular culture represented in the film Senior by Bagus Bramanti and Eko Ivano Winata. This research is descriptive research with a qualitative approach. The data source of this research is the film Senior by Bagus Bramanti and Eko Ivano Winata. The data in this study are words and sentences identified from conversations and settings as a popular culture that is seen and heard in films. Data collection techniques in this study used documentation techniques and observation and note techniques. The analysis techniques used were data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that popular culture can be represented through literary works. This is because of the times followed by the sophistication of technology and information. The forms of popular culture represented in the film Senior are social media, iPhone, foreign languages, slang, fast food, cafes, and WiFi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dukut, E. M. (2020). Dampak Jalan Tol ter-hadap Pulau Jawa. Semarang: Uni-versitas Katolik Soegijapranata.
Johnson, R., Chambers, D., Raghuram, P., dan Tincknell E. (2004). The Practice of Cultural Studies. London: SAGE Publications.
Lefaan, A. V. S., dkk. (2020). Sastra Par-wisata. Yogyakarta: PT Kanisius.
Setiadi, N.J. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pen-didikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta, cv.
Febrianti, B. K. (2018). Nilai-nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat Burung Arue dan Burung Talokot. Jurnal Sirok Bastra, 6(2), 171-184.
Istiqomah, A., & Widiyanto, D. (2020). An-caman Budaya Pop (Pop Culture) Terhadap Penguatan Identitas Na-sional Masyarakat Urban. JURNAL KALACAKRA: Ilmu Sosial dan Pendidi-kan, 1(1), 18-24.
Lia, T. (2014). Sosial Budaya dalam Cerpen “Sri Sumairah” Karya Umar Kayam. Jurnal Sirok Bastra, 2(2), 141-147.
Nurjannah dan Yurdayanti. (2019). Repre-sentasi Kearifan Lokal Masyarakat Bangka dalam Cerita Rakyat Bandar Akek Antak. Jurnal Sirok Bastra, 7(2), 167-179.
Oktaviani, F. (2014). Hubungan antara Penggunaan Bahasa Gaul dengan Keterbukaan Komunikasi di Kalangan Siswa. J-IKA, 1(1), 57-65.
Rahardjo, D.D.F. (2016). Representasi Bu-daya Populer dalam Film “Slank Nggak Ada Matinya” karya Fajar Bus-tomi. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3).
Rahim, Y. M. (2019). Representasi Ideologi Pesantren dalam Cerita Kang Maksum Karya A. Mustofa Bisri. Jurnal Sirok Bastra, 7(2), 119-128.
Rini, N., Zees, S. R., & Pandiya, P. (2018). Pemberian Nama Anak Dalam Sudut Pandang Bahasa. Epigram, 15(2).
Sarman. (2016). Representasi Kearifan Lo-kal Masyarakat Belitung dalam Cerita Keramat Pnang Gading. Jurnal Sirok Bastra, 4(2), 153-160.
Saputra, R. (2013). Representasi Budaya Populer Dalam Novel Anak B-Jell Cheers Karya Thalia Salsabilla (Tin-jauan Sosiologi Sastra). Bahtera Sas-tra: Antologi Bahasa dan Sastra In-donesia, 1(3).
Winarni, R. W. (2015). Representasi Kecan-tikan Perempuan dalam Iklan. Deiksis, 2(02), 134-152.
Kintoko, I. W. (2019). “Banyak Dibaca di Wattpad, Cerita Novel Senior Di-angkat Sutradara Indra Gunawan ke Layar Lebar,” dalam https://wartakota.tribunnews.com/2019/11/12/banyak-dibaca-di-wattpad-cerita-novel-senior-diangkat-sutradara-indra-gunawan-ke-layar-lebar?page=2, diakses 16 Desember 2020 pukul 20.00 WITA.
Putri, V. M. (2020). “Iphone 12 Mini Bisa Bunuh Tresn Ponsel Ukuran Jumbo,” dalam https://inet.detik.com/consumer/d-5215203/iphone-12-mini-bisa-bunuh-tren-ponsel-ukuran-jumbo, diakses 18 Desember 2020 Pukul 20.00 WITA
Wardani, A. S. (2017). “Survei: Remaja Su-ka Iphone, Orang Dewasa Pilih Sam-sung,” dalam https://www.liputan6.com/tekno/read/3170375/survei-remaja-suka-iphone-orang-dewasa-pilih-samsung, diakses 18 Desember 2020 Pukul 20.00 WITA
DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v9i1.273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sirok Bastra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id