MENCIPTA-KREATIF NASKAH DRAMA DENGAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING
Abstract
Dalam penelitian ini, upaya peningkatan pembelajaran apresiasi sastra difokuskan pada apresiasi drama yang dikhususkan pada kegiatan menulis kreatif naskah drama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran menulis naskah drama dengan strategi menulis terbimbing (SMT) yang efektif untuk memahamkan siswa tentang struktur naskah dan membentuk kemampuan siswa menulis naskah drama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan rancangan penelitian kualitatif yang dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap (i) perencanaan pembelajaran, (ii) pelaksanaan pembelajaran, (iii) evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan dalam bentuk pemberian model naskah drama dan kartu struktur naskah yang tepat serta pemberian variasi strategi belajar dan praktik berbagi hasil, telah mampu mengarahkan siswa menulis naskah drama dengan beragam tema; dengan keringkasan, ketepatan, dan kelengkapan pemaparan perwatakan pelaku; dengan latar yang ringkas, nyata, khusus, dan lengkap; serta dengan penggarapan konflik yang hidup.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37671/sb.v1i2.23
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id