POTRET MERDEKA BELAJAR DALAM NOVEL “GURU AINI” KARYA ANDREA HIRATA

Ni Nyoman Ayu Suciartini

Abstract


Pendidikan di Indonesia sedang berbenah menuju kualitas pendidikan yang lebih unggul dan berkarakter. Salah satunya diwujudkan dengan adanya terobosan baru bernama merdeka belajar-kampus merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbud, menyasar pendidikan dasar dan menengah hingga perguruan tinggi. Konsep merdeka belajar merupakan konsep yang diyakini dapat memerdekakan dalam artian positif, siswa dan guru sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal. Penulis menemukan bahwa konsep merdeka belajar termuat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana potret konsep merdeka belajar dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata tahun 2020? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret konsep merdeka belajar dalam novel Guru Aini. Metode yang digunakan adalah penelitian deksripstif kualitatif dengan teori sosiologi sastra sebagai pedoman dalam analisisnya. Hasil penelitian ini menganalisis bahwa di novel Guru Aini memuat potret merdeka belajar seperti adanya proyek kemanusiaan, guru dan peserta didik yang merdeka dan bahagia dalam proses pembelajaran serta adanya nilai moral, etika, pendidikan, agama, sosial yang ditinjau dari konsep sosiologi sastra.

 

Education in Indonesia is tending to a superior quality of education and character. One of them is realized with the existence of a new breakthrough called merdeka-independent campus learning launched by the Ministry of Education and Culture, targeting primary and secondary education to tertiary institutions. The concept of independent learning is a concept that is believed to be able to liberate in a positive sense, students and teachers so that the learning process can take place optimally. The author finds that the concept of freedom of learning is contained in the novel Guru Aini by Andrea Hirata. The main problem in this research is how the portrait of the concept of freedom of learning in the novel "Guru Aini"? The aim is to describe the portrait of the concept of independent learning in the novel "Guru Aini". The method used is qualitative descriptive research method with the theory of literary sociology as a guide in its analysis. The results of this study analyze that in the novel "Guru Aini" contains a portrait of independent learning such as a humanitarian project, teachers and students who are independent and happy in the learning process as well as the existence of moral values, ethics, education, religion, social in terms of the concept of sociological literature.


Keywords


merdeka belajar; sosiologi sastra; Guru Aini

Full Text:

PDF

References


Akbar, Syahrizal. 2013. “Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 1 No. 1 2013 (Hal 54-68)

Ayu. Suciartini Ni Nyoman, 2017. Urgensi Pendidikan Toleransi dalam Wajah Pem-belajaran sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Jurnal Lembaga Pen-jaminan Mutu IHDN Denpasar Vol 3, No 1 (2017).

Fadilatul, Adilla Mabruroh, dkk. 2016. Ana-lisis Pendidikan Kritis Paulo Freire pada Pemanfaatan Ekstrakurikuler Teater di Sekolah. (Skripsi) Pendidikan Sosiologi Antropologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Hirata, Andrea. 2020. Guru Aini. Yogyakar-ta: Bentang Pustaka.

Kemdikbud. 2020. Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Konsep Merdeka Belajar).

Kemdikbud. 2020. Buku Saku Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Payuyasa, I Nyoman. 2019. “Potret Indo-nesia dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra”. Sirok Bastra. Vol 7, No 1 2019. https://sirokbastra.kemdikbud.go.id/index.php/sirokbastra/article/view/157

Ratna,N.K. 2002. Teori,Metode,dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, Atar. (2013). Kritik Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa.

Suandi, I Nengah. 2010. Pengantar Metod-ologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Undik-sha.

Suwardi, 2011. Sosiologi Sastra. Yogyakar-ta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Syarifuddin. 2018. “Kajian Struktural dan Sosiologi Sastra dalam Novel Seputih Hati yang Tercabik”. Jurnal Kata, Vol. 2 No. 2 Oktober 2018.

Wiyatni, 2013. Sosiologi Satra. Yogyakarta: Kanwa Publisher.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v8i2.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id