PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING YANG BERORIENTASI HOTS DALAM PEMBELAJARAN MATERI TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII

Sakila Sakila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning yang berorientasi HOTS pada pembelajaran menulis teks deskripsi dalam meningkatkan kemampuan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model discovery learning yang berorientasi HOTS dalam meningkatkan keterampilan siswa pada materi pembelajaran menulis teks deskripsi. Pentingnya permasalahan ini dibahas karena pembelajaran teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran sangat penting untuk dipelajari dan teks deskripsi bertujuan untuk memberikan gambaran detail tentang sesuatu atau seseorang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model discovery learning yang berorientasi HOTS meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Model pembelajaran discovery learning yang berorientasi HOTS dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi.


This study aims to describe the application of HOTS-oriented discovery learning models to learning to write descriptive text in improving students' abilities. The problematic formulation in this research is how the application of discovery learning model that is HOTS oriented in improving students' skills in learning material to write description text. The importance of this problem is discussed because learning the description text using the learning model is very important to learn and the description text aims to provide a detailed picture of something or someone. This study used descriptive qualitative method. The results showed that the use of discovery learning models that were oriented to HOTS improved the ability of students to write description texts. HOTS-oriented discovery learning model can be used as an alternative to improve students' ability in learning to write descriptive text.


Keywords


menulis; teks deskripsi; metode; discovery learning

Full Text:

PDF

References


Ali, Faried. (1997). Metodologi Penelitian Sosial dalam Bidang Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ariani, Farida dan Septiaji, Aji. (2019). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi, Dan Prosedur. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pen-didikan Dan Kebudayaan.

Arifin, Amirah Wulansari. (2015). Problem Kejiwaan Setadewa terhadap Nasional-isme dalam Novel Burung-Burung Manyar Karya Y.B. Mangunwijaya. Jurnal Keba-hasaan dan Kesastraan: Sirok Bastra, Kan-tor Bahasa Provinsi Bangka Belitung, Vol-ume 3 Nomor (2):171-178.

Artati, Y. Budi. (2017). Mengarang Sebagai Proses Kreatif. Surabaya: JP Books.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Darmayanti, Nani, Adi Abdul Somad dan Nurul Hidayati. (2007). Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Ting-kat Semenjana (Kelas X). Bandung: Grafindo Media Pratama.

Fathoni, H. Abdurahmat.(2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penulisan Skripsi. Ja-karta:Rineka Cipta.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Mariyaningsih, Nining., dan Hidayati, Misti-na. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pem-belajaran menerapkan inovasi pembelaja-ran di kelas-kelas inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kom-petensinya dalam Pengajaran Matemat-ika. Bandung: Tarsito.

Samion dan Darma, Yudi. (2016). Potret Pendidikan dan Kompetensi Guru di Dae-rah Perbatasan Kabupaten Sanggau. Jurnal Borneo Akcaya: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Publik, Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat, Volume 3 No-mor (1):1-15.

Setiyaningsih, Ika dan Santhi Meita Sandra. (2019). Pegangan Guru Bahasa Indone-sia. SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Yog-yakarta: PT Penerbit Intan Pariwara.

Setyowati, Titik. (2013). Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Garum Berdasarkan Ku-rikulum 2013. Dalam Jurnal Nosi, Volume 4 Nomor 1, Pebruari 2016. Hal 130-143.

Sitohang, Yohana., Syahfitri, Dian., dan Siburian, Panigoran. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Darma Agung, Universitas Darma Agung, Medan, Volume XXVII, Nomor 2, Agustus 2019: 942-948

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Suhardi. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Cerpen “Batu Lumut Kapas” Karya Gus TF Sakai. Jurnal Genta Bahtera: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, Kantor Ba-hasa Kepulauan Riau Volume 5 Nomor (1):37-47.

Susiati. (2018). Homonim Bahasa Kepu-lauan Tukang Besi Dialek Keledupa di Ka-bupaten Wakatobi. Jurnal Totobuang: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, Kantor Bahasa Maluku Volume 6 Nomor (1):109-123.

Tim Edu Penguin. (2017). Kisi-kisi Terbaru UN+USBN/MTs 2018. Jakarta: PT Grasin-do.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v8i2.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id