PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGKRITIK/MEMUJI BERBAGAI KARYA (SENI/PRODUK) DENGAN BAHASA LUGAS DAN SANTUN (The Use of Image Media in Increasing The Ability of Students to Criticize/Promote Various Works [Art/Products] with Labor and Helpful Language)

Sakila Sakila

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengkaji penggunaan media gambar sebagai strategi mengajar mengkritik/memuji berbagai karya seni produk dengan bahasa lugas dan santun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media gambar sebagai strategi mengajar mengkritik/memuji berbagai karya seni produk dengan bahasa lugas dan santun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media gambar sebagai strategi mengajar mengkritik/memuji berbagai karya seni produk dengan bahasa lugas dan santun. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode studi kepustakaan. Data penelitian berupa data tulis, yang terkumpul diseleksi dan diurutkan sesuai dengan topik kajian. Kemudian dilakukan penyusunan karya tulis berdasarkan data yang telah dipersiapkan secara logis dan sistematis. Teknik analisis data bersifat deskriptif argumentatif. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran mengkritik/memuji berbagai karya seni produk dengan bahasa lugas dan santun. Berdasarkan hal tersebut, disarankan agar guru dapat menggunakan media gambar sebagai strategi mengajar mengkritik/memuji berbagai karya seni produk dengan bahasa yang lugas dan santun.

Kata Kunci: media, pembelajaran, memuji, mengkritik, karya

 

Abstract

This study examines the use of image media as a teaching strategy to criticize / praise various product artworks with straightforward and polite language. The purpose of this study was to describe the use of image media as a teaching strategy to criticize / praise various product artworks with straightforward and polite language. The formulation of the problem in this study is how the use of image media as a teaching strategy criticizes / praises various product art works with straightforward and polite language. The data collection process is carried out using the literature study method. Research data in the form of written data, which is collected is selected and sorted according to the topic of study. Then the preparation of the paper is based on data that has been prepared logically and systematically. Data analysis techniques are argumentative descriptive. Based on the data analysis, it was concluded that using image media could improve students' ability in learning to criticize / praise various art products with straightforward and polite language. Based on this, it is recommended that teachers can use picture media as a teaching strategy to criticize / praise various product art works with straightforward and polite language.

Keywords: media, learning, praising, criticizing, works


Keywords


media; pembelajaran; memuji; mengkritik; karya

Full Text:

PDF

References


Ajim, Nanang. (2015). “Memuji dan Mengkritik Berbagai Karya,” dalam http://www.mikirbae.com/2015/08/memuji-dan-mengkritik-berbagai-karya.html diunduh 19 Oktober 2018 Pukul 09:31.

Alamsyah, Muhammad. (2015). “Pengertian Media Gambar,” dalam http://dunia dalam pendidikan.blogspot.co.id/2015/10/pengerti,an-media-gambar.html diakses pada tanggal 13 Mei 2017, pukul 08.51.

Angkowo, R. A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

_____. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bahri, Agus Samsul. (2015). “Pendekatan Media Gambar dan Pencapaian Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA di SD,” dalam Jurnal Bioshell Vol. 04, No. 01, Mei 2015, hlm. 243—256.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia, Buku 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Lautama, Muhammad. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhamadiyah Maumere,” dalam Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) Vol. 2 No. 12 Desember (2018) hlm. 1455—1469. Surabaya: Kresna BIP.

Rahadi, Aristo. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Sadiman, Arief S. (2001). Penggunaan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, Arief S. dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sanaky, Hujair A.H. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supriatna, Agus, Sarjan Ramdani D.Y., dan Adi Abdul Somad. (2007). Bahasa Indonesia untuk kelas IX. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Suryaman, Maman. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Zifajriah. (2013). “Media Surat Kabar” https://zifajriah.wordpress.com/2013/02/07/media-surat-kabar/ diakses pada tanggal 6 september 2015 pukul 09.06 WIB.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v7i2.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id