PEMANFAATAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN (The Critical Incident Strategy in Learning to Write Short Stories)
Abstract
Abstrak
Penelitian bertujuan membuktikan keefektifan strategi critical incident dalam pembelajaran menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian eksperimen murni. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. Populasi penelitian keseluruhan siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih, yaitu kelas VIII-F (kelas eksperimen) dan kelas VIII-G (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan, yaitu dalam bentuk tes cerita pendek. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebelum diadakan analisis data, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas kontrol dengan eksperimen yang ditunjukkan oleh hasil uji-t yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0. Uji-t data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai P = 0,001 (P < 0,05 = signifikan).
Kata kunci: keefektifan, strategi critical incident, menulis, cerpen
Abstract
The research aims to prove the effectiveness of the critical incident strategy in learning to write short stories. This type of research is experimental research. The research design used was pure experimentation. This research was conducted at SMP Negeri 1 South Sinjai. The entire research population of class VIII students. Sampling is done by simple random sampling with simple random sampling technique. The selected sample, namely class VIII-F (experimental class) and class VIII-G (control class). The instrument used is in the form of short story tests. The collected data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. Before the data analysis is carried out, the normality test and homogeneity test are done using the SPSS program. The results showed a significant difference in the ability to write short stories of control class students with experiments shown by the results of the t-test conducted with the help of the SPSS 20.0 program. The t-test posttest data of the control class and the experimental class showed a value of P = 0.001 (P <0.05 = significant).
Keywords: effectiveness, critical incident strategy, writing, short stories
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Din dan Abdul Azis. (2011). “Pemilihan Cerpen Kontemporer dalam Surat Kabar sebagai Bahan Ajar dan Dampaknya pada Hasil Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas,” dalam Metasastra: Jurnal Penelitian Sastra Balai Bahasa Jawa Barat, ISSN printed 2085-7268 and ISSN online 2503-2127 Volume 4 Nomor 1 Tahun 2011.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kholik, Muhamad. (2011). Metode Pembelajaran Konvensional. Rineka Cipta: Bandung.
Komaidi, Didik. (2011). Panduan Lengkap Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Rohmadi, Muhammad dkk. (2009). Bunga Rampai Model-Model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tarigan, Henri Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zaini, Hisyam. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Isnsan Madani.
DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v7i2.162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sirok Bastra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id