NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL SEBAIT CINTA DI BAWAH LANGIT KAIRO KARYA MAHMUD JAUHARI ALI (Educative Values in Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo by Mahmud Jauhari Ali)
Abstract
Sastra merupakan respresentatif pengarang terhadap realita sosial yang terjadi dan didalamnya terdapat pesan yang disampaikan oleh pengarang kepada pembacanya dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif yang ada dalam novel Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo karya Mahmud Jauhari Ali. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka atau penelitian yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sebait Cinta Di Bawah Langit Kairo terdapat empat nilai yaitu: Nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya Sedangkan nilai pendidikan yang paling dominan dalam novel Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo adalah nilai pendidikan religius
Literature is the representation of the social reality that occurs and there are messages conveyed by the author to the reader and can be used as learning media. This study aims to decribes educative values in Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo novel by Mamud Jauhari Ali. This type of research is library research or qualitative research. The results of the research show that there are four educative values contained in the novel Kreation Mamud Jauhari Ali which are the value of religious education, the value of moral education, the value of social education, and the value of cultural education. The most dominant value of education in this novel is the value of religious education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mahmud Jauhari. (2012). Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo. Yogyakarta: Araska.
Fatria, Fita. (2016). “Analisis Nilai-Nilai Edukatif dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara,” dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Vol. 1, No. 1.
Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mardiamdja. (1986). Hubungan Nilai dan Kebaikan. Jakarta: Sinar Harapan.
Nugroho, Kholik Aji. (2008). “Nilai Edukatif Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari: Analisis Semiotik dan Implikasinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra Indonesia di SMA. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurgiyantoro, Burhan. (2000). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
___________. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Qamar, Mujamil. (2005). Manajemen Penididkan Islam. Bandung Airlangga.
Rosyadi. (1995). Nilai-Nilai Budaya dalam Naskah Kaba. Jakarta: CV Dewi Sri.
Rubianto. (2004). Buku Pendidikan Lengkap. Jakarta Rineka Cipta.
Sayuti, Suminto. A. (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
Semi, Atar. M. (1993). Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.
Setiadi, Elly. M. (2007). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.
Sukardi. (1997). Pendidikan Budi Pekerti dalam Dongenan Sulawesi Selatan. Jakarta: Depdikbud.
Sulaeman. (1998). Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.
Waluyo, Herman. (2002). Apresiasi dan Pengajaran Sastra. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v6i2.135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id