KARAKTERISTIK PENGGUNAAN BAHASA DALAM IKLAN PONSEL DI KOTA BANDUNG

Asri Soraya Afsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik bahasa yang digunakan dalam iklan komersial ponsel yang berada di Kota Bandung. Karakteristik bahasa yang dimaksud menyangkut bentuk dan fungsi. Teori yang diterapkan dalam analisis bersandar pada Kridalaksana (2001) dan Zaimar & Harahap (2011). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Adapun teknik yang ditempuh dilakukan melalui langkah-langkah: pengumpulan data iklan menggunakan random sampling, pengklasifikasian data, analisis data berdasarkan teori, serta penyimpulan hasil penelitian sebagai jawaban terhadap masalah yang diteliti. Metode yang digunakan adalah metode distribusional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dan fungsi bahasa yang digunakan dalam iklan ponsel di Kota Bandung berupa penulisan huruf kapital secara keseluruhan dan penulisan huruf kapital pada awal kata. Bahasa iklan ponsel memiliki fungsi informatif dan konatif (persuatif).


Keywords


karakteristik bahasa; iklan ponsel; bentuk bahasa; fungsi bahasa

Full Text:

PDF

References


Djajasudarma, T. Fatimah. 2010. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian (Cetakan Ketiga). Bandung: Eresco.

Jakobson, Roman. 1960 (1987). Linguistics and Poetics. Dalam Pomorska, K. & Rudy, S. (ed.) Roman Jakobson, language in Literature, pp. 62-94. Cambridge, Mass., London, England: The Belknap Press of Harvard University Press.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suryadi, Didih. 2011. Promosi Efektif: Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: ORYZA.

Suwandi, Sarwiji. 2008. Penggunaan Bahasa dalam Iklan Layanan Masyarakat. Dalam Sebalinguistik: Mengupas Pelbagai Praktik Berbahasa. Solo: Sebelas Maret University Press.

Tinarbuko, Sumbo. 2008 Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis Tanda dan Makna pada Karya Desain Komunikasi Visua . Yogyakarta: Jalasutra.

Widyatama, Rendra. 2011 . Teknik Menulis Naskah Iklan: Agar Tepat Kena Sasaran. Yogyakarta: Penerbit Cakrawala.

Zaimar, Okke Kusuma Sumantri & Ayu Basuki Harahap. 201. Telaah Wacana: Teori dan Penerapannya. Depok: Komodo Books.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v5i2.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id