ANALISIS WACANA KRITIS IKLAN KOMERSIAL MEIKARTA

Hotnida Novita Sary

Abstract


Dalam kurun waktu empat bulan pemasaran atau sejak Mei 2017, Meikarta berhasil mencatatkan penjualan yang fantastis. Terkait hal ini, peran iklan sangat krusial dalam pemasaran. Bahasa dalam iklan sebagai alat menyampai pesan memegang peran penting. Penelitian ini menggunakan pisau bedah analisis wacana kritis Fairclough (1989). Iklan Meikarta membandingkan kesuperioritasan mereka dibandingkan kota metropolitan lain, seperti Jakarta. Selain teks, iklan ini juga memakai deskripsi gambar, seperti warna gelap dan terang untuk membandingkan Meikarta dengan kota besar lain. Iklan ini banyak menggunakan kohesi repetisi untuk menanamkan pengaruhnya, seperti dalam kata kita dan lupa. Meikarta juga menanamkan ideologi bagi masyarakat kota besar bahwa kota metropolitan saat ini sudah tidak aman, kotor, dan macet. Dalam hal ini, Meikarta digadang-gadang menjadi solusi atas masalah tersebut.


Keywords


analisis wacana kritis; iklan; Meikarta; Fairclough

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal dkk. 2012. Teori dan Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Mandiri.

Austin, J.L.. 196. How to Do Things with Words. Oxford: Oxford University Press.

Cook, G. 1992/2001. The Discourse of Advertising. Edisi Kedua. London/New York: Routledge.

Detik. 2017. “Dampak Iklan Meikarta Munculkan Animo Besar Masyarakat” dalam finance.detik.com/advertorial-news-block/3631437/dampak-iklan-meikarta-munculkan-animo-besar-masyarakat, diunduh pada 19 Desember 2017.

Fairclough, Norman. 1989. Language and Power. USA: Longman.

Halliday, M. A. K. dan R. Hasan. 1976. Cohesion in English. London: Longman.

Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Grafiti.

Kholid, Idham. 2017 “Jalanan Jakarta Tergenang Pascahujan Ekstrem, Macet di Mana-mana” dalam https://news.detik.com/berita/d-3764687/jalanan-jakarta-tergenang-pascahujan-ekstrem-macet-di-mana-mana, diunduh pada 30 Januari 2017.

Renkema, Jan. 2004. Introduction to Discourse Studies. Edisi Kedua. Amsterdam/Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v5i2.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sirok Bastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
 
Publisher and Copyright @Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran dan Permukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Jalan Pulau Bangka, Airitam, Pangkalpinang 
Telepon: 0717-438455; Faksimile: (0717) 9103317 
Pos-el: sirokbastra@kemdikbud.go.id